Manfaat Gamat Untuk Kesehatan

≈BARU!!!≈

BELI 3 BOTOL QNC JELLY GAMAT, GRATIS 1 BOTOL JELLY GAMAT RASA JERUK

*BERLAKU UNTUK KELIPATANNYA, DI BAWAH 10 BOTOL

PROMO TERBATAS LHO!

Manfaat Gamat Untuk Kesehatan

Manfaat Gamat Untuk Kesehatan – Teripang/Gamat adalah bahan makanan yang berasal dari laut di daerah Asia. Beberapa jenis teripang dikenal sebagai Gamat di Malaysia atau Teripang di Indonesia dikatakan memiliki sifat penyembuhan yang sangat baik.

Manfaat Gamat Untuk Kesehatan

Ada perusahaan-perusahaan farmasi sudah memproduksi produk gamat ini dalam bentuk extrak dan sirup. Ekstrak siap untuk dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi minyak, krim, atau kosmetik.

Efektivitas ekstrak teripang dalam perbaikan jaringan telah menjadi subjek studi yang serius. Hal ini diyakini bahwa mentimun laut mengandung semua asam lemak yang diperlukan untuk memainkan peran aktif dalam perbaikan jaringan. Gamat/teripang adalah merupakan hewan spesies dari keluarga Holothuroidea. Holothuroidea adalah kelas hewan laut (filum Echinodermata) dengan tubuh yang panjang dan kulit kasar, yang ditemukan di dasar laut di seluruh dunia.

Banyak holothurian spesies dan genera, informal dikenal sebagai teripang, yang diambil untuk dikonsumsi manusia. Produk yang dipanen juga disebut sebagai ketimun laut, atau seperti teripang, bêche-de-mer, balate, atau siput laut.

Teripang emas yang umum digunakan dalam bentuk Gamat / teripang kering atau dalam bentuk bubuk biasanya dibuat menjadi lotion atau salep tropikal. Kadang-kadang dicampur ke dalam tanah liat dan diterapkan sebagai masker wajah, atau dimasukkan ke dalam teh dan dikonsumsi untuk keluhan perut. Pengguna percaya bahwa larutan teripang dapat menyembuhkan luka, kulit melepuh, dan borok, dan mengklaim bahwa ia memiliki efek menguntungkan pada sistem kekebalan tubuh.

Kandungan Sea Cucumber (teripang emas) berdasarkan hasil penelitian adalah:

  • Protein
  • Omega-3 (EPA & DHA)
  • Condroitin Sulfate & Mukopolisakarida
  • Mineral-mineral seperti: Magnesium, Mangan,Sodium, Zink, Kuprum, Fosforus, Iodin, Potasium, Natrium, Kalium dll
  • Vitamin E, Genisten, Beta Caroten

Teripang kaya akan grow factor sehingga dapat memperbaiki sel-sel rusak. Kandungan protein hingga 82% dan asam lemak essensial mujarab memperkuat sel hati untuk mengeluarkan antibodi. Karena itu juga teripang (gamat) kerap disebut imunomodulator.
Lantaran kandungan kolagen yang tinggi, teripang (gamat) ampuh melakukan regenerasi sel secara singkat. Menurut dr. Zen, gamat larut dalam air sehingga langsung terserap di hati tanpa mengalami detoksifikasi. “Karena itu, gamat tidak menimbulkan efek samping,” tambahnya. ( Manfaat Gamat Untuk Kesehatan )

Pengidap kanker banyak pula yang berharap pada teripang. Itu setelah Prof. Aleli Gana dan Dr. Florinia Merca dari Fakultas Kimia, University of the Philippines, Filipina menemukan senyawa aktif penghambat pertumbuhan sel kanker. Senyawa itu bernama lektin. Penelitian itu mengungkap, teripang pada konsentrasi 50 mikrogram menggumpalkan dan menghadang pertumbuhan sel kanker.

Hal serupa dibuktikan Jaime Rodriguez, Rita Castro, dan Ricardo Riguera dari Departemen Kimia, Universidad de Santiago de Compostela, Spanyol. Hasil penelitian mereka menunjukkan, teripang dengan senyawa aktif triterpen glikosida menghambat pertumbuhan tumor pada sel limfoid, sel tumor paru manusia, sel tumor serviks, dan melanoma tikus pada kisaran konsentrasi 0,38 – 0,46 mg/ml. (Trubus 441 – Agustus 2006/XXXVII)

Manfaat Gamat untuk kesehatan dan mengatasi berbagai penyakit yaitu antara lain :

  • Nyeri persendian (arthritis)
  • Penyembuhan luka dalam dan luar (antiseptik)
  • Membantu toleransi gula darah (kencing manis/diabates)
  • Membantu hipertensi
  • Membantu kolesterol darah
  • Masalah pencernaan (lambung), maag
  • Membantu masalah pernafasan
  • Meningkatkan sel darah merah
  • Mengatasi anemia darah
  • Kanker / Tumor
  • Sembelit
  • Kembung

Di Indonesia, pemanfaatan teripang sebagai bahan pangan dibanding produk perikanan lainnya tergolong kurang populer karena nilai estetika yang rendah dilihat dari bentuk fisik teripang yang terkesan menjijikkan. Saat ini Indonesia menjadi salah satu negara pengekpor teripang kering terkemuka selain Filipina dan Kaledonia baru. Mutu teripang kering dari Indonesia masih dibawah standar perdagangan sehingga nilai jual produk teripang lebih rendah dari produk negara-negara pesaingnya.

Potensi teripang cukup besar karena Indonesia memiliki perairan pantai dengan habitat teripang yang cukup luas. Sedangkan teripang di perairan malaysia sudah melebihi-dipanen untuk memasok konsumen obat rakyat, dan sebagai akibatnya hewan dan produk-produknya menjadi langka. Upaya untuk memperlengkapi perikanan pada umumnya belum berhasil.

Baru-baru ini, sebuah operasi perikanan budidaya teripang dibuka di pantai beberapa pulau Malaysia untuk meningkatkan pasokan gamat. Di Cina, banyak teripang komersial yang dibudidayakan di kolam buatan. Kolam ini dapat sebesar 1.000 hektar, dan memenuhi sebagian besar permintaan lokal.

» Manfaat Gamat Untuk Kesehatan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *