Nyeri Sendi Di Pergelangan Kaki Dan Tangan

By | 5 Oktober, 2015

Nyeri Sendi Di Pergelangan Kaki Dan Tangan

Nyeri Sendi Di Pergelangan Kaki Dan Tangan bisa dialami siapapun tidak hanya orang tua. Masalah kesehatan ini merupakan masalah yang kerap diderita banyak orang ketika sedang bergerak atau berjalan. Pergelangan baik kaki ataupun tangan menjadi mobilitas yang amat penting bagi manusia.

Nyeri Sendi Di Pergelangan Kaki Dan Tangan

Engkel atau pergelangan kaki yaitu sendi engsel yang menghubungkan antara tungkai kaki dengan kaki yang ditahan ligamen, otot, dan urat. Sehingga memungkinkan kaki untuk bergerak ke dua arah: mendekat ke arah tubuh (istilahnya dorsofleksi) dan menjauh dari tubuh (plantar fleksi). Karena pentingnya, keluhan apapun di sekitar pergelangan kaki meliputi ligamen, otot, dan tendon bisa memicu rasa sakit.

Begitu pula dengan pergelangan tangan. Bila anda mengalami seperti kesemutan pada jari-jari tangan setelah mengendarai motor jarak yang jauh atau sakit di pergelangan tangan sesudah mengetik dalam waktu lama, itu tanda dari nyeri sendi pergelangan tangan. Istilah medis dikenal dengan Carpal Tunnel Syndrome (CTS).

Pada pergelangan tangan terdapat jaringan lunak yang berguna untuk menyangga persendian dan didalamnya ada ruang sempit yang disebut carpal tunnel. Serabut syaraf yang menghubungkan gerak tangan ada didalam carpal tunnel / ruang sempit ini.

Jika terjadi penekanan, maka muncul nyeri (khususnya malam hari), kesemutan, sensasi terbakar di jari-jari tangan. Untuk sejumlah kasus nyeri terasa di sekitar kaki bawah, kaki, lutut. Terkadang, adanya memar dan bengkak di sekitar pergelangan kaki bisa membuat sulit berdiri maupun mengerahkan tekanan di pergelangan kaki. Penyebabnya bisa bervariasi.

Penyebab dari Nyeri Sendi Di Pergelangan Kaki Dan Tangan:

  • Psoriasis bisa menyebabkan nyeri sendi di kulit, bengkak sendi, terlebih jari kaki dan tangan
  • Gout merupakan peradangan jempol kaki atau bagian kaki karena kelebihan produksi asam urat dalam tubuh yang disimpan dalam bentuk kristal / garam pada sendi dan darah. Umumnya terjadi di pergelangan kaki dan jempol kaki.
  • Keseleo terjadi ketika melakukan aktivitas sederhana seperti menginjak permukaan tidak rata atau bangun dari kursi, olahraga yang tidak benar, dan salah memakai jenis sepatu.
  • Osteoarthritis yakni gangguan sendi bantalan antar tulang rawan menipis. Saat kondisi memburuk, tulang rawan hilang sehingga tulang bergesekan satu sama lain. Ligamen dan ototpun melemah.
  • Tendon kaku dan sakit karena sering menggunakan kaki ketika beraktivitas, lebih sering dialami atlet.
  • Rheumatoid memicu radang jangka panjang pada sendi dan jaringan sekitarnya.
  • Penekanan syaraf medianus atau syaraf yang mempunyai fungsi sensorik (perasa) dan motorik (menggerakkan otot) di bagian jari tengah, ibu jari dan arah tengah jari manis. Ini disebabkan cedera berulang contohnya meluruskan dan menekuk pergelangan tangan dan kelainan seperti tulang yang menonjol.

Meski demikian ancaman Nyeri Sendi Di Pergelangan Kaki Dan Tangan mampu diredakan jika kita sigap memberi pertolongan. Perhatikan, bila muncul tanda namun ringan cukup dikompres sekitar 15 menit dan beristirahat. Sebaliknya jika gejala sampai tidak kunjung mereda walau sudah diberi perawatan sederhana, lekas obati. Berbicara tentang pengobatan, kami menyuguhkan solusi alami sebagai pilihan yang aman lagi ampuh.

Simak penjelasan secara rinci klik disini informasinya > Jelly gamat

 

Posted By: Jelly Gamat